Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Barang PHP PTS UWP 2013 Melalui LPSE

Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/lnstitusi Lainnya (K/L/D/I) untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik serta memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik. ULP/Pejabat Pengadaan pada Kementerian/Lembaga/Perguruan Tinggi/BUMN yang tidak membentuk LPSE dapat menggunakan fasilitas LPSE yang terdekat dengan tempat kedudukannya untuk melaksanakan pengadaan secara elektronik. Selain memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik LPSE juga melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja LPSE yang bersangkutan.

Pengadaan barang/jasa secara elektronik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit dan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Berdasarkan hal tersebut dalam melakukan proses pengadaan barang pada kegiatan PHP PTS UWP 2013 maka panitia pengadaan barang dan jasa PHP PTS UWP 2013 menggunakan LPSE untuk menyelenggarakan pengadaan barang. Agar pada proses pengadaan pada LPSE tidak terjadi masalah maka diadakan rapat koordinasi yang dihariri oleh panitia pengadaan barang dan jasa beserta para pihak terkait mendapatkan pengarahan dari konsultan Pengadaan Barang dan Jasa PHP PTS UWP 2013 bapak Supadi.

Pada rapat koordinasi tersebut dijelaskan mengenai bagaimana syarat-sarat dan prosedur pelaksanaan pengadaan barang dan jasa apabila menggunakan jasa LPSE mulai dari awal sampai saat terbit pemenangnya. Dijelaskan pula pada proses pengadaan barang PHP PTS UWP 2013 akan menggunakan LPSE di Kementrian Keuangan.