Ringkasan Program

Dengan meningkatnya arus globalisasi dan informasi dari segala aspek memaksa peran Perguruan Tinggi khususnya Universitas Wijaya Putra (UWP) untuk lebih meningkatkan kualitas proses akademik yang mampu menghasilkan mutu lulusan sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional dan global. Untuk menghadapi problematik dan tantangan tersebut, UWP perlu memiliki kemampuan tatakelola dan kapasitas perencanaan yang komprehensif berkaitan dengan standar kualitas pembelajaran, dan peningkatan kompetensi lulusan berbasis Laboratorium Sains Dasar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan akademik, prioritas utama dalam pengembangan jangka pendek adalah pengembangan kualitas proses belajar mengajar, peningkatan kompetensi lulusan dengan Mengembangkan Standar Kompetensi Kurikulum, Mengembangkan Sistem Evaluasi Kurikulum, Meningkatkan dan Perbaikan Satuan Materi Perkuliahan, Meningkatkan Sistem Evaluasi Kurikulum, Meningkatkan Ketrampilan Mengajar Dosen.

Upaya tersebut hanya dapat dilakukan dengan pengembangan kualitas Dosen dalam keahlian khusus dan praktek laboratorium,  pemenuhan sarana pembelajaran berbasis laboratorium dengan peningkatan kapasitas Laboratorium Sains Dasar, Laboratorium Teknik Industri, Laboratorium Teknik Mesin, Laboratorium Akuntansi.

Hasil analisis SWOT mengidentifikasi belum sepenuhnya sesuai antara kompetensi lulusan S-1 dengan kebutuhan kerja dan waktu tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama kali relatif lama.

Untuk itu diperlukan program jangka pendek diantaranya pengembangan kualitas PBM, pelatihan-pelatihan keilmuan yang berbasis laboratorium, pengadaan sarana dan prasarana penunjang PBM seperti pemenuhan laboratorium di tingkat program studi. Ini diperlukan untuk meningkatkan kapasistas keilmuan dosen, karyawan serta kompetensi lulusan S-1 UWP. Pengembangan laboratorium sains dasar dan laboratorium di tingkat program studi dititikberatkan pada peningkatan kemampuan mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan ilmunya khususnya bagi mahasiswa sebagai bekal ketrampilan keilmuan setelah menyelesaikan program S-1.

Dalam rangka menjamin mutu lulusan, UWP telah membentuk Tim Monev Internal yang merupakan embrio dibentuknya Sistem Penjaminan Mutu Akademik. Tim Monev Internal melakukan berbagai evaluasi dan perbaikan terus menerus sehingga para lulusannya mampu mengantisipasi dinamika perubahan dan pengembangan baik internal maupun eksternal dan mampu menjawab tantangan berbagai isue strategis.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka UWP dapat memberdayakan sumber potensi secara optimal dengan mengacu pada sistem perencanaan terpadu yang menekankan pada indikator-indikator terukur melalui Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) Tahun Anggaran 2013 sehingga ke depan diharapkan terwujudnya perbaikan kualitas PBM dan kompetensi lulusan yang terukur.